Melankolis-Sanguinis

Di dunia ini hanya ada dua perpaduan yang bertolak blakang dan bisa dibilang kepribadian ganda, yaitu:
Tipe melankolis-sanguinis
Tipe koleris-plegmatis
Melanolis-sanguinis adalah perpaduan yang ada pada diri saya. Slalu ada pertentangan batin dan bisa dibilang kepribadian ganda.

Photobucket

Misal:
Konflik 1:
Di tempat umum, sanguinis ini mendominasi, wajah slalu ceria dan penuh tawa canda. Di kala menyendiri, melankolis mencuat dengan rasa sensitif lebih besar dan selalu melibatkan diri dalam suatu masalah.

Konflik 2:
Sanguinis : ” “Mari kita pergi untuk bersenang-senang”
Dan dalam perjalanannya sifat melankolis mengekang kemajuannya.

Konflik 3:
Orang Sanguinis harus merapikan kehidupannya.
sementara orang Melankolis harus menyadari alangkah berat hal itu untuk mereka lakukan. Orang Melankolis harus menurunkan standarnya dan tidak merasa tertekan kalau didapat pasangannya adalah orang yang tidak sempurna.

Waktu semasi duduk di bangku SMA test penjurusan IPA,IPS, BAHASA, hasil psikolognya diragukan smua dengan grafik DATAR.
Tentu saja hal ini membuat psikolog tidak dapat membaca yang mana kemampuan saya, dan apa yang mendominasi saya.

Yang lebih mengejutkan lagi, saat test penjurusan profesi yang paling cocok. Setelah di test, dari ratusan kode yang tersedia, tidak satupun profesi yang cocok dengan saya…..
Astaga…..
Knapa ini? Kurang tegas? Kepribadian ganda? Dan tidak mudah ditebak maunya apa..

Yang paling mencolok adalah sikap plin-plan dan lamban dalam mengambil keputusan. Karna selalu saja ada pertentangan batin yang mengharuskan jawaban selalu di persimpangan….

Spertinya yang harus diperjuangkan di sini adalah bukan dominasi MELANKOLIS dan SANGUINIS, tapi bagaimana melatih sifat POSITIF di dalam diri.

p.s : segala sesuatu yang berlebihan dan kekurangan adalah suatu hal yang tidak baik. Harus PAS (Posisikan Anda Seimbang)

Post a comment or leave a trackback: Trackback URL.

Komentar

  • kip  On Mei 1, 2009 at 7:41 am

    hmm.. hohoho

    berarti tinggal mixmatch aja ya, kalau “segala sesuatu yang berlebihan dan kekurangan adalah suatu hal yang tidak baik.” berarti tinggal mix-match yg lebih dan yg kurang 🙂

  • kelly amareta  On Mei 2, 2009 at 8:50 am

    mungkin memang ada bakat jadi generalis
    so…, enjoy aja

    • windyasri  On Mei 2, 2009 at 2:46 pm

      generalis itu apa ya?

  • windyasri  On Mei 2, 2009 at 4:50 pm

    iyah mas kip di average kan saja…huhuhu…

  • dedy  On Mei 2, 2009 at 5:23 pm

    oon kmu yank…generalis masa gtw…generalis tuh lawanny specialis..d ambil dr kata general alias umum…jd mksdnya generalis secara umum…seperti teori stefenbau des recht :
    lex specialis derogat lex generalis….UU yg sifatnya mengatur secara khusus menyampingkan UU yg sifatnya generalis…hehehehehehhehe itu contih bahasa Hukumnya..wkwkwkwkwkwkkwkw

  • ery riesta  On Oktober 15, 2009 at 2:18 am

    huuum…hiks2 sama banget dengan saya….melankolis-sanguinis…ciri berikutnya…:punya banyak ide, cita2 tinggi tapi karena melo..nya kalo g pintar2 ngelolanya bisa jadi pesimis n akhirnya semua jadi g kecapai…tiap saat emang batin bergejolak terus, otak mikir terus, perasaan jalan terus…fiiiuuuhgg capek sebenarnya. makanya kata banyak orang tipe kayak gini butuh koleris yang bisa bersikap tegas

    • windyasri  On Oktober 15, 2009 at 5:29 am

      iya itu memang benar 🙂

  • Xyz  On Oktober 15, 2009 at 1:39 pm

    Mungkin gw jg melo-sanguin , di 0tak n jiwa gw selalu tarik2n ide …
    Cont0hnya pas w naek bus brg tmen2 kul yg pd asik ng0br0l , gw berasa pengen ng0br0l jg ma mereka tp ad yg menahan gw , perasaan kalo it gak penting n mestinya mikir tugas2 aj , dan it berlangsung sering mpe ujung2nya gw sakit kepala sendiri , perasaan ancur gag jelas , bahkan 0t0t jadi lmes gag jelas gt , amat sangat menyiksa gw … Gmn caranya gw bisa bebas dari kemelut em0si serius vs periang gni ??

  • si anu  On Februari 15, 2010 at 2:07 pm

    kalo baca di buku nya florence….

    maka salah satu dari kepribadian mu… bukan kepribadian yg sebenernya….. salah satu nya cuma topeng kepribadian… biasa nya karena dulu ada sesuatu hal yg bikin kamu merasa aman dengan topeng kepribadian tsb…. lebih lengkap nya baca personality pluss deh…..

    and try to find out what is the real you

Tinggalkan komentar